Minggu, 01 Mei 2016

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL


Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei, semua orang bersorak sorai menyambut hari itu dengan caranya masing-masing. Membuat tulisan, turun kejalan atau sekadar merenung, mempertanyakan apakah betul pendidikan sekarang sudah mampu memanusiakan manusia ? sebagaimana tujuan pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara. Apakah betul pendidikan sudah mampu mencerdaskan kehidupan bangsa ? sebagaimana yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. 

Atau justru pendidikan yang ada sekarang malah mencabut jiwa kemanusiaan yang ada didalam diri manusia itu sendiri, dengan penerapan sistem yang entah dibuat atas dasar apa,  buat apa dan untuk siapa ? Semua hitam, semua gelap,  abu-abu. Atau jangan2, bukannya mencerdaskan, pendidikan yang ada sekarang justru mengekang kebebasan berpikir seorang peserta didik, hingga yang tercipta adalah generasi pekerja bermental buru, bukan lagi pemikir. 

Tiada yg mampu menjawab pertanyaan itu selain pelakon pendidikan itu sendiri, yang peka, tanggap dan paham akan hakekat pendidikan serta berbesar hati untuk turut andil dalam perbaikan dan kemajuan pendidikan di Negeri tercinta ini.

Untuk itu menyambut hardiknas ini, marilah kita sama-sama renungkan, memikirkan apa yang seharusnya kita lakukan demi kemajuan pendidikan dewasa ini, bukan hanya sekadar berkoar-koar, memuntahkan beribu kritikan, menyalahkan semua kebijakan yang dikeluarkan oleh penguasa tanpa menawarkan solusi. 

Karena pada hakekatnya pemuda yg sesungguhnya adalah mereka yang sadar, peka dan tanggap terhadap isu2 sosial yang berkembang dan memiliki tindakan nyata untuk memperbaikinya. 

#hidup mahasiswa! 
#semangat anak muda ! 

Keluarga besar IMPS Koperti UNM mengucapkan "Selamat Hari Pendidikan Nasional".

"Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" (Ki Hajar Dewantara).

0 komentar:

Posting Komentar